Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Resep’ Category

Mie Ayam

Resep kiriman: Teh Imee Wedhya

Photo by T imee

Nih dia,sang koki akhirnya ngeluarin jurus andalannya kalo lg bikin Mie Ayam yg sudah tersohor sak saijo, monggo kalo mo nyoba…rasanya dah ga diragukan lagi..yummy..buangeeeet…
Bahan yang dihaluskan : bwng bombay 1/2, bwng pth 4 btr, garam secukupnya, merica 1 sdt, ketumbar 1 sdt, pala 1/2 sdt, jahe, kunyit bubuk 1 sdt..
Bwng daun iris kecil… sisihkan, cesin/ sawi hijau btngnya diiris.. sisihkan
bahan ayam : ayam 1\2 kg direbus 1/2 mateng terus diptng kotak kecil… sisihkan dan air kaldu jangan dibuang ya..

cara masak:
tumis bumbu halus, masukan bahan ayam,bwng daun dan btng cesin yang udah diris… masukan kaldu ayam sampe adonan ayam agak terendam… terus kecap (imee ga pake takaran)..
terus cicip deh manis ama asinnya…

Iklan

Read Full Post »

Puding Busa Pelangi

Resep kiriman Nita Ummu Naisma

Photo by Nita

Dapet copy paste dari sitenya mba rini, dibawa ke PIS,lgsg deh ibu2 nagih resepnya,…ini lho resepnya monggo ibu2 dan mba2 siapa tau mo dicoba, rasanya enyak…enyak…enyaaaak….

Bahan;

2 bks agar2 putih
6 putih telur+ 3 sdm gula(aku pake 5)
gula pasir secukupnya
2 bks vanili
5 cangkir susu/ santan
pewarna makanan, merah, coklat, hijau

Cara:
1. Putih telur dan 3 sdm gula pasir dikocok sampai kental, sisihkan
2. Susu diaduk dengan agar2 dan gula sampai larut dan cicipi, cukup maniskah?…….
3. Di rebus sampai mendidih, masukan 2 bks vanili
4. Setelah mendidih, masukan adonan kedalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil di mixer.
Masak kembali adonan dengan api kecil ( takut ada salmonela kalo telur ngak matang)
5. Adonan di bagi 4 putih, coklat, hijau dan merah.
Setelah itu tuangkan kedalam cetakan warna hijau dulu, merah, coklat dan terakhir putih ( aku masukinnya terserah aja)

Read Full Post »

Banana Cake

Posted by Nita Ummu Naisma

Recipe modified by Nita Ummu Naisma

Photo by Sukma Muthia Haerudin

Bahan

  1. Pisang ambon atau cavendis 500 gr ( ga tepat jg ga napa2)
  2. Telur 250 gr
  3. Gula 200 gr
  4. Terigu 250 gr
  5. Minyak 100 gr dicampur mentega leleh 100 gr (dinginkan)
  6. Baking soda 1 sdt
  7. Kayu manis 1 sdt (optional ga jug ga napa2)

cara

  • dalam wadah telur dan gula dikocok sampai mengembang (kurleb 15 menit dngn kec tinggi)
  • masukkan pisang yang telah dihaluskan dalam kocokan telur, aduk sampai rata dengan spatula
  • masukkan campuran terigu kayu manis dan baking soda yg telah diaduk rata, aduk lagi
  • tambahkan campuran minyak dan mentega aduk sampai rata ( proses pengadukan jangn terlalu lama cukup diaduk dngan belaian yg lembut )
  • masukkan dalam loyang yg telah diolesi mentega dan sedikit ditaburi tepung
  • panggang dalam oven suhu 170 derajat,  waktu tergantung ovennya yak, kira2 30 menit,

selamat mencoba  and moga sukses

Read Full Post »

Sponge cake

posted by Nita Ummu Naisma

recipe by Fatmah Bahalwan,

photo by Nita

8 bt telur (ukuran sedang), kadang aku pake 7
200 gr terigu
1 sdm emulsifier (=15 gr)
100 gr mentega, lelehkan
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanili

Cara membuat:
1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata.
2. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental, kurleb 40 mnt
3. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata, jngn smpi ada mentega yg ga keaduk.
4. Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180’C hingga matang.

sponge cake ala Youngki Gunawan

a little modification by Nita Ummu Naisma

photo by: Nita Ummu Naisma

Little modificationnya cuma di jenis margarin azza, kalo chef youngki pake 3 jenis butter, tp berhubung di jepang engga semua jenis margarin bisa dipakai, karena ingredientsnya, jadi aku hny pake satu jenis margarin.

Bahan A:

10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:

150 gr margarin/butter
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)engga pake ga pa2

Cara Membuat:

1) Kocok telur & gula hingg agak kental, masukkan emulsifier. Kocok hingga kental & mengembang.klo pke hand mixer kurleb 40 menit
2) Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula.
3) Cairkan butter & margarin (jangan sampai mendidih supaya tidak daya ikatnya tidak rusak), angkat dari api, tambahkan susu kental manis, aduk.
4) Tuang adonan B ke dalam adonan A, aduk balik.
5) Bagi menjadi 2 atau 3 adonan (sesuai jumlah layer / lapis cake yang diinginkan). Tambahkan pasta sesuai selera.
6) Tuang ke dalam loyang .
7) Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C atau sampai matang, atau tes dng tusuk gigi, tusukkan pada kue, angkat apabila tidak ada adonan yg menempel tandanya sudah matang.

topping hiasan:

krim kocok, pake yang megmilk warna hijau di kocok sampai kaku, atau menandainya dengan membalikkan wadah dan krim tidak tumpah. hias sesuai selera.

Tips sukses membuat sponge cake,

  • Kocok telur gula dan emulsifier sampai kaku, putih dan mengembang alias soft peak, mixerku merk softry made in china, lama pengocokan kurleb 40 menit.
  • Masukkan mentega cair setelah dingin
  • pilih margarin jenis ringan, Blueband not recomended ya…
  • Aduk mentega sampai bener2 tercampur rata, jngn sampai ada sisa mentega yang tidak teraduk, karena akan menyebabkan cake akan jadi bantat.
  • aduk dngn tekhnik aduk balik bukan dngn tekhnik putar
  • met coba semoga sukses ya…..insyaAllah

Read Full Post »

Yaki Soba nan praktis

By : Fitri

Lagi gak punya banyak waktu, tapi pengen makan enak??? bisa dicoba resep yang ini.

1. Bahan

Mie basah                       1 bungkus
Kol                                  3 lembar potong2 sesuai selera
Daging slice barbeque    secukupnya
Telor                               1 butir
Minyak goreng                secukupnya untuk menumis

2. Bumbu

Saus Okonomiyaki
Mayonaise
Cabe bubuk

3. Cara Membuat

Panaskan minyak goreng didalam penggrorengan. Setelah panas masukkan berturut2 daging slice, telur, kol dan aduk2 sampai layu. Lalu masukkan mie basah dan terakhir tambahkan saus okonomiyaki secukupnya (bisa sedikit2 dulu sambil diicip2 sudah sesuai belum rasanya dengan lidah :D). Setelah tercampur semua, matikan kompor dan pindahkan yakisoba ke piring. Sajikan dengan mayonaise dan cabe bubuk. Siap untuk disantap, hmmm…. ^-^

Praktis bukan???
Selamat mencobaaaaaaaaa…. ^-^

Tambahan :

img_1015063_55655997_0Tentang saos okonomiyaki yang bisa dipakai, kluaran gyoumu supa seperti gambar berikut insya Allah bisa (liat saosnya aja ya, jangan sosis-nya :D) Ini gambar dapet hasil browsing, soalnya koleksi di rumah kebetulan lagi abis dan cari-cari disupa lagi gak ada. Jadi mungkin agak susah nyari yang bentuknya kayak gini sekarang.

molt_06

Minggu kemaren sempet cari2 di fuji, alhamdulillah nemu okonomiyaki kluarannya fuji (kurashinomoruto). Ini masih kerjasama ama ikari sauce juga kayaknya. Liat di ingredientnya masih seperti yang dulu, gak ada shusei-nya. Ati-ati kluaran yang baru dari ikari sauce (リニュアル) tidak bisa di konsumsi karena ada shusei (酒精)-nya. Kalau mau beli buruan, mumpung lagi ada SALE!!

Read Full Post »

Resep Bakso Ayam ala Piti

By : Fitri

1. Bahan

Daging Ayam cincang                    1 kg
Telur ayam ukuran L                      2 butir
Tepung kanji (katakuriko)             100 gram

2. Bumbu

Bawang putih                                2 butir haluskan
Garam dan merica                         secukupnya ^-^
Penyedap rasa ayam kalau ada    secukupnya juga ^-^

3. Cara membuat

Sebelumnya panaskan air di dalam panci yang besar untuk merebus bakso. Sambil manasin air, kita mulai ngulenin adonan bakso. Masukkan bumbu kedalam daging ayam cincang, aduk sampai rata. Lalu masukkan telur dan kembali diaduk sampai adonan rata (tidak berbentuk gumpalan2). Terakhir masukkan tepung kanji dan aduk agak lama sampai adonan mudah untuk dibuat bulat2. Buat satu persatu bakso menggunakan tangan kanan dan sendok makan ditangan kiri untuk mengambil adonan yang sudah berbentuk bulat di tangan kanan (ngerti g nih?? hehehehe), lalu masukkkan kedalam air dalam panci yang sudah mendidih. Lanjutkan sampai adonan habis.

Untuk kuah, bumbunya sama saja seperti membuat sup. Jadi seselera-nya aja ya ^-^ .

Dou?? kantan desyooouu??? ^-^

Ok deh, selamat mencobaaaa…

Read Full Post »

Resep Rempeyek

Kiriman Mbak Anik

1. Bahan :
Tepung beras                            250 gr
Tepung kanji   (katakurioko)     1sendok teh
Air campur santan                     kira2 150 ml
2. Bumbu
Bawang putih                           3 siung
Kencur                                     kira2 1 cm
Daun jeruk                               4lembar<diris kecil2>
Ketumbar                                 1 sendok teh
Kunyit                                      setengah sendok teh
Garam                                      kira2 1 sendok kecil….
Udang/kacang tanah/teri (buat isinya secukupnya tergantung selera, kalo banyak isi juga tambah enak)
3. Cara membuat (tsukuri kata)
Semua bumbu dihaluskan, kecuali daun jeruk.
Masukkan air yg sudah dicampur santan (kalo pake santan kaleng ambil santan 2 sendok,lalu campur dg air aduk rata). Caranya masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk, lalu masukkan semua bumbu, aduk sampai rata .
Siapkan wajan dan isi minyak goreng , dg api yg sedang, kalo minyak sudah panas masukkan adonan peyek, caranya spt bikin dadar telur yg tipis….gimana ya nulisnya he,,he,,susah
tapi percaya pasti bisa,,,,cuman bikin peyek bikin orang males he,,he,,lama bangeeet…tapi kalo berganbatte pasti seneng juga,apalagi kalo lihat hasilnya.,seneng.<seneng makannya maksud-nya he,,he..>.
Minyak gorengnya yg penuh ya… peyeknya tenggelam, he,,he,,kayak berenang gitu lho …
Oh ya setiap mau masukkan adonan ke wajan sll diaduk2 dulu adonannya,biar hasilnya cantik… spt yg bikin hehehe
Ja…selamat mencoba….!!
-Edited by Fitri-

Read Full Post »